Selasa, 14 April 2009

Kartu undangan & Souvenir

Siapa sih yang nggak mau punya pesta pernikahan yang mewah? Siapa sih yang nggak mau punya pesta pernikahan yang memberikan kesan mendalam buat para tamu? Pastilah kita juga bangga kalo kita bisa merayakannya dengan mewah, seperti di dongeng², kita bisa melihat putri bangsawan yang memakai gaun yang anggun dengan pangeran disampingnya.
Tapi terkadang yang menjadi kendala adalah pertimbangan keuangan. Merayakan pesta pernikahan sering dikomentarin kalo itu menghabiskan banyak dana yang seharusnya dana tersebut digunakan untung kepentingan lain.
Kalo begitu, kita mesti cari trik² dan kudu pinter² dalam mempertimbangkan pos² mana yang bisa di hemat dan mana yang kita utamakan. Kalo mau jujur, pasti kita merasa semuanya itu penting :)
Yang mungkin bisa dipertimbangkan dananya misalnya untuk kartu undangan. Kartu undangan yang simple dengan bertuliskan nama pasangan ; hari, tanggal, jam dan tempat pernikahan itu rasanya sudah cukup. Karena penerima undangan hanya sekilas mengagumi kemewahan kartu undangan yang diterima kemudian yang menjadi perhatian utama hanya nama pengantin, tanggal dan tempat pernikahan. Setelah selesai dibaca, mungkin kartu itu digeletakin saja dan bahkan akan masuk ke tempat sampah. Jarang sekali orang yang akan mengoleksi sejumlah undangan yang diterima, kecuali memang yang hobi koleksi atau untuk keperluan contoh design untuk pernikahan salah satu rekannya yang lain.
Pertimbangan dana untuk souvenir atau ucapan terima kasih untuk tamu undangan. Saking terlalu hematnya, seringkali asal memilih souvenir yang ingin diberikan sebagai kenangan hari pernikahannya. Sehingga souvenir yang kita berikan buat orang lain, hanya sekedar di terima dan tidak dapat digunakan.
Bukannya tidak penting untuk souvenir ini, tapi sebagai ungkapan terima kasih, penghargaan ke tamu undangan yang sudah menghadiri pesta pernikahan.
Sebaiknya kita coba mempertimbangkan barang yang bisa bermanfaat atau bisa digunakan terutama menjadi kenangan yang tak terlupakan.
Bisa dengan memberikan bingkisan cokelat, permen. Sedangkan barang lain yang bisa kita berikan misalnya tempat ballpoint dengan ukiran nama pengantin, Ballpoint berukiran nama pengantin, mug dengan ukiran nama pengantin, handuk kecil berukiran nama.
Sebenarnya tidak hanya untuk kartu undangan dan souvenir, masih ada pos² lain yang bisa dipertimbangkan. Untuk calon pengantin, bikin pos² dari yang paling penting sampai yang penting. Memang semuanya penting :)