Selasa, 14 April 2009

Trik mengurangi keributan saat persiapan pernikahan

Bener nggak sih katanya selama persiapan merit sering terjadi keributan dengan pasangan?
Wah, serem juga ya kalo mau merit tapi pake acara ribut². Bisa² batal kalo nggak bisa mengontrol emosi.
Untuk hal satu ini memang bukan hal yang aneh. Wajar² saja kalo memang pasangan ribut karena beda pendapat. Mungkin juga sebelum persiapan aja sudah sering beda pendapat :)
Persiapan merit kan memang butuh konsentrasi lebih, dan tentunya kalo bisa..dijalankan dengan santai. Bukan artinya santai tuh cuek² aja. Tetep menjaga komunikasi dengan pasangan.
Apalagi melihat kesibukan pasangan jaman sekarang. Dari pagi sampai sore sudah sibuk kerja, pulang kerja masih harus memikirkan persiapan merit. Dengan kondisi fisik yang capek itulah yang memicu emosi. Sebenarnya kalo dipikir lagi, itu toh hal kecil yang bisa diselesaikan dengan komunikasi yang baik.
Disini saya coba membagikan trik² mengurangi keributan :
Menyediakan waktu khusus
Supaya persiapan bisa dibicarakan dengan santai, coba pilih waktu khusus untuk membicarakan persiapan. Kalo memang hari kerja sangat menyita waktu, coba pilih hari khusus seperti hari sabtu atau minggu dengan komitmen bener² membicarakan persiapan.
Alangkah baiknya kedua belah pihak sudah menentukan apa yang akan dibahas di hari itu, dan sudah dipersiapkan oleh masing². Jadi saat ketemu, tidak perlu dibicarakan dari nol tapi cukup kesepakatan yang terjadi. Kalo memang serius dibicarakan tidak perlu waktu seharian kok :)
Pilih tempat yang nyaman
Tentu sangat pengaruh tempat yang nyaman. Kalo tempat yang terlalu bising dan panas, tentu saja tidak maksimal, malah bisa² memicu amarah.
Mungkin bisa pilih kafe favorit berdua. Dengan suasana santai dan tempat yang penuh kenangan, akan membuat semangat selama persiapan. So sweet deh...
Mengendalikan emosi
Ini salah satu hal penting lho! namanya 2 manusia yang berbeda, yah jelas aja kalo masing² mempunyai pendapat masing². Toh ini kan acara buat berdua, cobalah mengendalikan emosi karena keindahan dari pernikahan bukan dinikmati oleh salah satu pihak saja. Dan ini kan juga bisa menjadi langkah awal untuk belajar menjadi pasangan romantis sebelum sampai ke jenjang pernikahan.
Kesepakatan
Sudah memilih waktu khusus, tempat special, membicarakan dengan serius tapi santai, tentu harus diakhiri dengan kesepakatan. Pembahasan yang diakhiri dengan kesepakatan akan kita rasakan begitu indah dan tentu lega. Tidak perlu capek² menunda lain hari lagi untuk mencapai kesepakatan. Setelah adanya kesepakatan .. so lanjut the next preparation. Waktu tidak bisa berjalan mundur, jadi manfaatkanlah waktu yang ada, semakin deket hari semakin banyak hal yang harus dipersiapkan.